• TEMUKAN SAYA DI FACEBOOK
    Ini sebagai bentuk pertemanan antara saya dan pengunjung semuanya, Trimakasih atas kunjungannya.

Saturday, August 20, 2011

Pengertian Pasar


Pengertian pesar menurut kalangan remaja yang ditanya tentang pengertian pasar, muncul sejumlah jawaban sebagai berikut :
v  Tempat orang berjualan berbagai macam barang.
v  Tempat orang membeli barang kebutuhan sehari-hari.
v  Mempermudah orang memperoleh barang dengan harga murah.
v  Suasana orang berdesakan menjual ataupun membeli barang.
Dalam kehidupan sehari-hari, Pasar selalu dihubungkan dengan tempat atau bangunan yang didalamnya berkumpul banyak penjual dan pembeli untuk memperjualbelikan suatu barang. Berdasarkan hubungan itu, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk berjual beli barang. Pengertian pasar dalam kehidupan sehari-hari itu disebut dengan pengertian pasar secara Konkret.
Dalam konsep tradisional, pasar diartikan sebagai tempat bertemunya kekuatan penjual (supply) dan kekuatan pembeli (demand) sampai timbul transaksi jual beli suatu barang. Pengertian pasar menurut konsep tradisional menekankan arti pentingnya pasar dalam arti fisik, sehingga dalam pengertian lain, pasar tradisional dapat dikatakan sebagai Pasar Konkret.
Menurut ilmu ekonomi, pasar lebih dihubungkan dengan kegiatan, dibandingkan dengan tempat transaksinya. Alasannya, tempat untuk bertemunya penjual dan pembeli bisa dimana saja, mereka dapat bertemu di toko, di dalam bus, di pinggir jalan, dan dan di tempat mana saja. Jadi yang membedakan Pasar dengan bukan pasar yaitu dari kegiatan yang dilakukan.
Pengertian pasar menurut ilmu ekonomi memperlihatkan bahwa pasar tidak terikat pada tempat dan waktu tertentu, pasar dapat terbentuk dimana saja dan kapan saja sesuai dengan penjual dan pembeli, bahkan transaksi jual beli dapat dilakukan atau bisa terjadi melalui surat-menyurat, telepon, ataupum internet. Pengertian pasar menurut ilmu ekonomi disebut dengan pengertian pasar secara abstrak. Yang pasti, Pasar dapat terbentuk jika ada penjual, pembeli, dan barang serta jasa yang diperjualbelikan.
Pembentukan harga di pasar sangat dipengaruhi oleh berbagai kondisi persaingan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi persaingan ini sangat ditentukan oleh bentuk (struktur penjual dan pembeli) yang ada di pasar tersebut.

0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment