• TEMUKAN SAYA DI FACEBOOK
    Ini sebagai bentuk pertemanan antara saya dan pengunjung semuanya, Trimakasih atas kunjungannya.

Friday, January 27, 2012

PENGERTIAN KEMULAN/KAMIMITAN/KAWITAN


1.        Kemulan
Sebenarnya kata kemulan ini berarti asal mula dari seseorang. Yang oleh Umat Hindu di masyarakat sesuai dengan konsep Mpu Kuturan Kemula itu diwujudkan dengan sanggar barrong tiga sebagai tempat dari Hyang Guru. Beliau  disini diwujudkan dengan tiga sifat yang disebut dengan Tri Guru yakni : Hyang Guru, Hyang Adi Guru, dan Hyang Parama Guru.
2.        Kemimitan/Kawitan
Kata Kamimitan atau Kawitan adalah sama pula artinya dengan asal mula seseorang yaitu berasal dari kata “wit” yang berarti asal mula. Jadi jelaslah antara Kawitan dan Kemulan itu adalah sama artinya. Hanya saja Kawitan itu setingkat lebih tinggi dari Kemulan. Biasanya oleh masyarakat
Kawitan tersebut diwujudkan dengan sanggar Berong dua sebagai tempat daripada Dewa-Dewi atau Purusa dan Pradana sebagai Asal Mula dari Manusia atau alam semesta dengan segala isinya. Jadi jelas sekali yang dipuja di sini adalah Dewa-Dewi yang memiliki sifat Purusa dan Pradana. Dewa dengan sifat purusanya sama dengan Ayah dan Dewi dengan sifat Pradanya sama dengan Ibu. Mereka inilah yang memberikan sinar penerangan yang suci pada kita.

Sumber:
Pendidikan Agama Hindu :1988

2 comments: