• TEMUKAN SAYA DI FACEBOOK
    Ini sebagai bentuk pertemanan antara saya dan pengunjung semuanya, Trimakasih atas kunjungannya.

Sunday, August 21, 2011

Macam-Macam Pasar


Pada dasarnya, pasar dapat dibedakan menurut jenis barang yang diperdagangkan, luasnya jaringan distribusi, waktu, dan ada tidaknya tempat transaksi. Berikut ini pengertian macam-macam pasar :
Macam Pasar Menurut Jenis Barang.
1.      Pasar Barang Konsumsi adalah pasar yang memperjual belikan barang-barang konsumsi. Seperti contoh : sayur-mayur, buah-buahan, peralatan mencuci, dal lain-lain.
2.      Pasar Barang Produksi adalah pasar yang memperdagangkan  faktor-faktor produksi, barang produksi yang diperdagangkan seperti contoh : mesin-mesin produksi, alat pertanian, dan alat transportasi.

Macam Pasar Menurut Luas Jaringan.
1.      Pasar Setempat adalah pasar yang digunakan oleh masyarakat setempat yang meliputi daerah kecil tertentu. Barang-barang yang diperjualbelikan disini meliputi barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari dan barang-barang yang mudah rusak.
2.      Pasar Daerah adalah pasar yang meliputi daerah tertentu, misalnya pasar di kota-kota kabupaten. Selain konsumen, di pasar ini banyak pedagang menengah yang melayani pedagang pengecer atau pedagang kecil.
3.      Pasar Nasional adalah pasar yang meliputi wilayah suatu negara tertentu. Konsumen barang-barang yang diperdagangkan dalam pasar nasional meliputi seluruh wilayah negara, seperti contoh : pasar uang dan pasar modal.
4.      Pasar Internasional adalah suatu pasar yang memperdagangkan barang-barang yang penjual dan pembelinya meliputi seluruh dunia.

Macam Pasar Menurut Waktu Bertemunya Penjual dan Pembeli
1.      Pasar Harian adalah pasar yang berlangsung setiap hari sehingga penjual dan pembeli dapat bertemu setiap hari.barang yang diperdagangkan di pasar ini adalah barang-barang yang dibutuhkan masyarakat setiap hari.
2.      Pasar Mingguan adalah pasar yang berlangsung setiap hari minggu sekali. Pasar seperti ini sering dijumpai pada daerah yang penduduknya belum begitu padat.
3.      Pasar Bulanan adalah pasar yang berlangsung setiap bulan sekali. Biasanya barang-barang tertentu saja yang diperjualbelikan disini dan pembelinya bukan konsumen saja tetapi para pedagang.
4.      Pasar Tahunan adalah pasar yang berlangsung setahun sekali. Pasar ini ada yang bersifat nasional, bahkan internasional.

Macam Pasar Menurut Ada Tidaknya Tempat Transaksi
1.      Pasar Konkret ( pasar Nyata) adalah pasar tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli. Tempat bertemunya para penjual dan pembeli dapat dilakukan di dalam gedung dan di tempat terbuka. Pasar konkret tampil dalam berbagai bentuk yaitu sebagai berikut :
Berdasarkan Manajemen Pengelolaan.
-    Pasar Modern adalah pasar yang dibangun oleh pemerintah, swasta, koprasi dikelola secara modern, mengutamakan pelayanan kenyamanan berbelanja, bermodal relatif kuat, dan dilengkapi label harga yang pasti.
-    Pasar Tradisional adalah pasar yang dibangun oleh pemerintah, swasta, koprasi, atau swadaya masyarakat dengan tempat usaha berupa toko, kios, los, dan tenda, dikelola oleh pedagang kecil, menengah, dan koprasi, dengan usaha sekala kecil dan modal kecil, serta melalui proses jual beli secara tawar-menawar.
Berdasarkan Ragam Barang Yang Dijual
-    Toko Khusus (special store) adalah toko yang menjual hanya satu jenis barang saja.
-    Toko Satu Jalur (single line store) adalah toko yang menjual hanya satu kelompok barang sejenis.

Berdasarkan Banyak Sedikit Barang Yang di Jual.
-    Toko Serba Ada ( department store) adalah toko pengecer yang besar dan mempunyai banyak jenis produk. Sesuai dengan namanya “department” yang berarti bagian, toko ini terbagi menjadi beberapa bagian yang menawarkan barang dagangan tertentu.
-    Toko Swadaya (independent store) adalah toko sekala kecil dan menjual berbagai macam barang yang dimiliki seorang indifidu sebagai pimpinannya.
-    Pasar Swalayan (supermarket) adalah pesar berukuran besar yang menjual macam-macam barang lagsung kepada konsumen.
-    Hipermarket adalah supermarket yang berukuran lebih besar dan menjual lebih banyak ragam barang.
Berdasarkan Manajemen Pelayanan.
-    Mal/ Supermal/ plaza adalah bangunan sekala besar yang dimiliki atau disewakan perorangan, kelompok, pasar, atau koprasi untuk usaha perdagangan berbagai barang dan jasa.
-    Pertokoan (shopping centre) adalah wilayah lingkungan pertokoan dimana terdapat bangunan toko-toko sepanjang tepi jalan, yang dapat dijangkau dengan mudah oleh transportasi dan masyarakat, dan ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai daerah pertokoan.
-    Pasar Swalayan (supermarket) adalah pasar berukuran besar yang menjual macam-macam barang secara langsung kepada konsumennya. Ciri khas pasar swalayan adalah tehnik pelayanan “self service” atau konsumen melayani diri sendiri.
Berdasarkan Partai Penjualan Barang.
-    Pasar Grosir adalah pasar tempat dilakukan usaha perdagangan dalam partai besar, misalkan dalam kodian dan lusinan. Biasanga para pembeli adalah pedagang eceran yang menjual berang dalam satuan.
-    Pasar Eceran adalah pasar tempat dilakukannya usaha perdagangan dalam partai kecil.



2.      Pasar Abstak adalah pasar yang melakukan transaksi jual beli yang penjual dan pembelinya bisa saja tidak bertemu satu sama lainnya, melainkan hanya berkomunikasi melalui telepon dan internet. Ada beberapa contoh pasar abstrak yaitu sebagai berikut :
-     Pasar Uang (money market) adalah pasar yang terlibat dalam kegiatan jual beli instrumen dana-dana jangka pendek atau kurang dari satu tahun antara institusi keuangan, perusahaan dan pemerintah.
-     Bursa Komoditi adalah pasar tempat transaksi komoditi-komoditi seperti the, tembakau, timah dan lain sebagainya. Dalam bursa ini yang ditunjukkan adalah contoh komoditi disertai dokumen tentang harga, kualitas dan cara pengiriman.
-     Bursa Valuta Asing adalah tempat jual beli valuta asing . dalam valuta asing dikenal istilah kurs. Kurs adalah nilai mata uang suatu negara yang dinyatakan dengan nilai mata uang negara yang lain.
-     Pasar Modal (bursa efek) adalah tempat kegiatan jual beli istrumen dana-dana jangka panjang atau lebih dari satu tahun. Dana-dana yang diperjual belikan dapat berupa saham, obligasi, dan surat-surat berharga lainnya.
-     Bursa Tenaga Kerja adalah tempat bertemunya antara pencari kerja dan pihak-pihak yang membutuhkan tenaga kerja, baik tenaga kerja dalam negeri maupun di luar negeri. Bursa tenaga kerja berperan sebagai tempat untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan dalam negeri maupun luar negeri.

0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment