• TEMUKAN SAYA DI FACEBOOK
    Ini sebagai bentuk pertemanan antara saya dan pengunjung semuanya, Trimakasih atas kunjungannya.

Thursday, November 10, 2011

Sejarah Perkembangan Tari

Banyak tari yang kita kenal saat ini, tapi tahukah anda bagaimana sejarah daripada perkembangan tari?. Disini akan diuraikan tentang sejarah dari perkembangan tari, berikut uraiannya : 

Zaman prasejarah 
Zaman prasejarah adalah zaman sebelum lahirnya kerajaan di Indonesia.Wujud dan bentuk tariannya cendrung menirukan gerak alam lingkungannya yang bersifat imitatif. Sebagai contoh menirukan binatang yang akan diburu, pemujaan, dan penyembuhan penyakit.

Zaman Indonesia Hindu
Pada zaman Indonesia Hindu,seni tari mulai digarap dan banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari India.Beberapa jenis tari pada zaman Indonesia Hindu,seperti tari-tarian adat dan keagamaan berhasil disempurnakan menjadi tarian yang mempunyai nilai artistik yang tinggi.Sebagai contoh,Wayang Wong,Klana Topeng,Dramatari Topeng,dan Wayang Topeng.

Zaman Indonesia Islam
Pada zaman Indonesia Islam,seni tari mengalami kejayaan penggarapannya di lingkungan keraton,yaitu di Kasunanan dan Kasultanan.Kedua kerajaan tersebut mengembangkan identitasnya yang akhirnya muncul menjadi dua jenis tari,yaitu Kasunanan (Bedaya Ketawang, Serimpi, Gamyong, Wayang Wong, dan Langendriyan), dan Kasultanan (Tari Merak, Joget Mataram, Bedaya Semang, dan Langen Mandrawanara).

Zaman Penjajah
Pada zaman penjajahan tari-tarian mengalami kesuraman sebab dalam suasana penjajahan. Untuk mengangkat semangat kepahlawanan akibat penjajahan muncul jenis tari Pejuang, Prajuritan, Bondoyudo, dan Prawiroguna.

Zaman Setelah Merdeka sampai Sekarang.
Setelah Indonesia merdeka, perkembangan seni tari kembali mulai difungsikan, yaitu untuk upacara keagamaan dan untuk hiburan.                            

1 comment: