• TEMUKAN SAYA DI FACEBOOK
    Ini sebagai bentuk pertemanan antara saya dan pengunjung semuanya, Trimakasih atas kunjungannya.

Tuesday, November 22, 2011

Ubud-Gianyar



Bali memang kaya akan tempat-tempat menarik untuk dikunjungi salah satu diantara banyak tempat tujuan wisata yang indah yaitu Ubud. Ubud terletak di Kabupaten Gianyar yaitu kira-kira 1 jam perjalanan dari Bandara Ngurah Rai. Ubud ini  merupakan pusat kerajinan seni yang ada di Bali. Di Ubud banyak seniman baik seniman pahat dan ukir, patung, tari, lukis, dan lan-lain lahir disini. Mengenai hasil-hasil karya seni yang mereka buat akan ditampung dalam sebuah wadah yang dikenal dengan Artshop, Gallery ataupun Museum. Selain itu di Ubud juga banyak terdapat sanggar-sanggar tari.
Mengenai keeksisan Ubud di kalangan Wisatawan sudah ada sejak tahun 1930-an, Ubud terkenal di antara wisatawan barat. Pada saat itu pelukis dari Jerman yaitu Walter Spies dan pelukis asal Belanda yaitu Rudolf Bonnet menetap di sini. Mereka berdua dibantu oleh Cokorda Gede Agung Sukawati, dari Puri Agung Ubud. Semua karya dari kedua seniman tersebut dapat anda lihat di Museum Puri Lukisan, yang terletak di Ubud.

Dikarenakan Ubud terletak di antara sawah dan hutan yang terhimpit jurang dan gunung yang membuat Ubud sangat indah. Selain itu Ubud dikenal karena seni dan budaya yang berkembang sangat pesat dan maju. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Di sini banyak pula terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa.
Sebagai daerah pusat seni, di Ubud terdapat sebuah pasar seni yang letaknya di pusat kota Ubud, yang masyarakatnya sebagian besar berjualan hasil-hasil kerajinan seni. Juga di pasar tersebut dijual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari. Di seberang pasar seni, berdiri sebuah megah sebuah Istana yang merupakan peninggalan jaman kerajaan Ubud dahulu. Istana ini dikenal dengan nama Istana Puri Saren. Banyak peninggalan bersejarah jaman dahulu disimpan di Istana ini.
Dalam pejalanan ke Ubud anda akan melewati Batu Bulan, dimana di sini terdapat pertunjukan Tari Barong yang bisa anda lihat sekitar pukul 09.30 WITA. Setelah melewati Batubulan, disepanjang jalan terdapat deretan toko yang menjual patung dari batu cadas atau pualam, dan selanjutnya setelah melewati Batubulan maka anda akan melewati Celuk, yang merupakan pusat kerajinan emas dan perak.
Selain karena alamnya yang indah, Ubud ternyata memiliki tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi wisatawan yaitu terdapat beberapa museum, diantaranya Museum Rudana dan Museum Puri Lukisan. Selain itu terdapat beberapa tempat yang digemari Wisatawan yaitu Wanara Wana (bahasa Bali artinya hutan kera) atau yang lebih dikenal dengan monkey forest, Puri Agung Ubud yang terletak persis di jantung kota, tempat pemerintahan raja Ubud, juga sebagai pusat kegiatan adat dan seni budaya pada masanya, dan yang tidak kalah serunya yaitu sungai Ayung. Di sungai ini banyak aktivitas wisata tirta, di antaranya adalah arung jeram dan berkayak. Terdapat beberapa jasa wisata tirta yang menawarkan layanan ini. Selain wisata tirta, di sepanjang tebing Tukad Ayung juga memiliki pemandangan alam yang memikat, dan terdapat puluhan hotel berbintang.
0 Comments
Tweets
Komentar

No comments:

Post a Comment